APKG 2 PKM - SD NEGERI 2 TLOGOMULYO
Headlines News :
Home » » APKG 2 PKM

APKG 2 PKM

Written By SD NEGERI 2 TLOGOMULYO on Sunday 17 January 2016 | 00:53:00


ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 2)
LEMBAR  PENILAIAN  KEMAMPUAN  MELAKSANAKAN  PEMBELAJARAN


1.
NAMA  MAHASISWA
:
TRI  WALUYO
2.
N I M
:
824612618
3.
TEMPAT MENGAJAR / UJIAN
:
SD  Negeri  11 Purwodadi
4.
KELAS/SEMESTER
:
III / 2
5.
MATA PELAJARAN / TEMA
:
Tematik/Kegiatan
6.
HARI, TANGGAL
:
                            2015
7.
WAKTU (JAM)
:
2 x 35 menit
8.
UPBJJ-UT
:
Surakarta

PETUNJUK
1.   Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2.   Pusatkan perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3.   Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4.   Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
      pembelajaran,
      pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang  
      sedang diajarkan.

No
Kegiatan
Scor penilaian
Rata-rata
5
4
3
2
1
1
Melakukan pembelajaran


1.1
Melaksanakan tugas rutin kelas.





1.2
Memulai kegiatan pembelajaran





1.3
Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan / tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan





1.4
Melaksanakan kegiatan dalam urutan yang logis dan sistematis.





1.5
Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal.





1.6
Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan.





1.7
Menggunakan media belajar yang sesuai dengan  indicator/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan.





1.8
Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien.





1.9
Mengakhiri kegiatan pembelajaran.






Rata-rata butir 1
P

2
Mengelola interaksi kelas






2.1
Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat, terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa.





2.2
Memicu dan memelihara keterlibatan siswa





2.3
Melakukan komunikasi secara efektif





2.4
Mengembangkan hubungan antarpribadi yang sehat dan serasi.





2.5
Menghargai keragaman siswa serta membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangannya.





2.6
Membantu menumbuhkan kepercayaan diri siswa.






Rata-rata butir 2
Q









3.1
Bahasa Indonesia






3.1.1
mendemonstrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia





3.1.2
Memberikan latihan keterampilan berbahasa





3.1.3
Memberikan latihan keterampilan mengapresiasi santra





3.1.4
Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar





3.1.5
Memupuk kegemaran membaca






Rata-rata butir 3.1
R

3.2
Matematika






3.2.1
Menanamkan konsep matematika melalui kegiatan manipulatif





3.2.2
Menguasai simbol-simbol matematika





3.2.3
Memberikan latihan penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari






Rata-rata butir 3.2
R

3.3
IPA






3.3.1
Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui pengalaman langsung





3.3.2
Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman langsung





3.3.3
Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari.





3.3.4
Menampilkan penguasaan IPA






Rata-rata butir 3.3
R

3.4
IPS






3.4.1
Menerapkan metode bervariasi dalam pembelaajran IPS.





3.4.2
Menggunakan media / alat bantu dalam pembelaajran IPS





3.4.3
Meningkatkan ketrerlibatan siswa dalam pembelajaran IPS





3.4.4
Ketepatan menggunakan istilah-istilah atau konsep IPS dalam pemeblaajran IPS





3.4.5
Menerapkan konsep IPS Terpadu dalam kehidupan sehari-hari






Rata-rata butir 3.4
R

3.5
PKN






3.5.1
Kemahiran menggunakan metode yang bervariasi





3.5.2
Kemahiran menggunakan media pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan





3.5.3
Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.





3.5.4
Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan





3.5.5
Penguasaan materi Pendidikan Kewarganegaraan





3.5.6
Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari.






Rata-rata butir 3.5
R

3.6
Tematik






3.6.1
Menampilkan penguasaan Pembelajaran  Tematik secara holistik





3.6.2
Kemahiran mengaitkan Tema dengan kehidupan sehari-hari dan bidang ilmu lainnya





3.6.3
Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman langsung






Rata-rata butir 3.6
R




4
Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar






4.1
Melaksanakan penilaian pada awal pembelajaran.





4.2
Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran.





4.3
Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran






Rata-rata  4
S

5
Kesan umum pelaksanaan pembelajaran






5.1
Penguasaan substansi





5.2
Peka terhadap kemampuan berbahasa





5.3
Penampilan guru dalam pembelajaran





5.4
Keefektivan pembelajaran






Rata-rata 5
T


Nilai APKG 2  = (S)   S =  ( P+Q+R+S+T ) : 5
            S= Rata-rata  Scor APKG 2
S




Purwodadi, 14  Maret  2015
Mengetahui
Kepala sekolah tempat ujian





NIP.
No HP
Mengetahui
Supervisor 2





 NIP.
No HP             

*)  Lingkari sesuai dengan kedudukannya
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SD NEGERI 2 TLOGOMULYO - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya