ALAT
PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
1.
|
NAMA MAHASISWA
|
:
|
TRI WALUYO
|
2.
|
N I
M
|
:
|
824612618
|
3.
|
TEMPAT
MENGAJAR / UJIAN
|
:
|
SD Negeri 11 Purwodadi
|
4.
|
KELAS/SEMESTER
|
:
|
III / 2
|
5.
|
MATA
PELAJARAN / TEMA
|
:
|
Tematik/Kegiatan
|
6.
|
HARI,
TANGGAL
|
:
|
2015
|
7.
|
WAKTU
(JAM)
|
:
|
2 x 35 menit
|
8.
|
UPBJJ-UT
|
:
|
Surakarta
|
PETUNJUK
1.
Amatilah dengan cermat pembelajaran yang
sedang berlangsung.
2.
Pusatkan perhatian Anda pada kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3.
Nilailah kemampuan guru tersebut dengan
menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4.
Khusus
untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
pembelajaran,
pilih salah satu butir
penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang
sedang
diajarkan.
No
|
Kegiatan
|
Scor penilaian
|
Rata-rata
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Melakukan pembelajaran
|
|
|
||||
1.1
|
Melaksanakan
tugas rutin kelas.
|
|
|
|
|
|
|
1.2
|
Memulai
kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
1.3
|
Menggunakan
ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan / tujuan, siswa, situasi, dan
lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
1.4
|
Melaksanakan kegiatan dalam urutan yang logis dan
sistematis.
|
|
|
|
|
|
|
1.5
|
Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara individual,
kelompok, atau klasikal.
|
|
|
|
|
|
|
1.6
|
Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan
kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan.
|
|
|
|
|
|
|
1.7
|
Menggunakan
media belajar yang sesuai dengan
indicator/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan.
|
|
|
|
|
|
|
1.8
|
Menggunakan
waktu pembelajaran secara efisien.
|
|
|
|
|
|
|
1.9
|
Mengakhiri
kegiatan pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 1
|
P
|
|
||||
2
|
Mengelola interaksi
kelas
|
|
|
|
|
|
|
2.1
|
Menunjukkan
perhatian serta sikap bersahabat, terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa.
|
|
|
|
|
|
|
2.2
|
Memicu
dan memelihara keterlibatan siswa
|
|
|
|
|
|
|
2.3
|
Melakukan
komunikasi secara efektif
|
|
|
|
|
|
|
2.4
|
Mengembangkan hubungan antarpribadi yang sehat dan
serasi.
|
|
|
|
|
|
|
2.5
|
Menghargai keragaman siswa serta membantu siswa
menyadari kelebihan dan kekurangannya.
|
|
|
|
|
|
|
2.6
|
Membantu menumbuhkan kepercayaan diri siswa.
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 2
|
Q
|
|
3.1
|
Bahasa Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
3.1.1
|
mendemonstrasikan
penguasaan materi bahasa Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
3.1.2
|
Memberikan
latihan keterampilan berbahasa
|
|
|
|
|
|
|
3.1.3
|
Memberikan
latihan keterampilan mengapresiasi santra
|
|
|
|
|
|
|
3.1.4
|
Mengembangkan
kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar
|
|
|
|
|
|
|
3.1.5
|
Memupuk
kegemaran membaca
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 3.1
|
R
|
|
||||
3.2
|
Matematika
|
|
|
|
|
|
|
3.2.1
|
Menanamkan
konsep matematika melalui kegiatan manipulatif
|
|
|
|
|
|
|
3.2.2
|
Menguasai
simbol-simbol matematika
|
|
|
|
|
|
|
3.2.3
|
Memberikan
latihan penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 3.2
|
R
|
|
||||
3.3
|
IPA
|
|
|
|
|
|
|
3.3.1
|
Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui pengalaman
langsung
|
|
|
|
|
|
|
3.3.2
|
Meningkatkan
keterlibatan siswa melalui pengalaman langsung
|
|
|
|
|
|
|
3.3.3
|
Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
|
3.3.4
|
Menampilkan
penguasaan IPA
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 3.3
|
R
|
|
||||
3.4
|
IPS
|
|
|
|
|
|
|
3.4.1
|
Menerapkan
metode bervariasi dalam pembelaajran IPS.
|
|
|
|
|
|
|
3.4.2
|
Menggunakan
media / alat bantu dalam pembelaajran IPS
|
|
|
|
|
|
|
3.4.3
|
Meningkatkan
ketrerlibatan siswa dalam pembelajaran IPS
|
|
|
|
|
|
|
3.4.4
|
Ketepatan
menggunakan istilah-istilah atau konsep IPS dalam pemeblaajran IPS
|
|
|
|
|
|
|
3.4.5
|
Menerapkan
konsep IPS Terpadu dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 3.4
|
R
|
|
||||
3.5
|
PKN
|
|
|
|
|
|
|
3.5.1
|
Kemahiran
menggunakan metode yang bervariasi
|
|
|
|
|
|
|
3.5.2
|
Kemahiran menggunakan media pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
|
3.5.3
|
Meningkatkan
keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
|
|
|
|
|
|
|
3.5.4
|
Ketepatan
menggunakan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
|
3.5.5
|
Penguasaan
materi Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
|
3.5.6
|
Menerapkan
konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 3.5
|
R
|
|
||||
3.6
|
Tematik
|
|
|
|
|
|
|
3.6.1
|
Menampilkan
penguasaan Pembelajaran Tematik secara
holistik
|
|
|
|
|
|
|
3.6.2
|
Kemahiran mengaitkan Tema dengan kehidupan sehari-hari
dan bidang ilmu lainnya
|
|
|
|
|
|
|
3.6.3
|
Meningkatkan
keterlibatan siswa melalui pengalaman langsung
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 3.6
|
R
|
|
4
|
Melaksanakan
penilaian proses dan hasil belajar
|
|
|
|
|
|
|
4.1
|
Melaksanakan penilaian pada awal pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
4.2
|
Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
4.3
|
Melaksanakan
penilaian pada akhir pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata 4
|
S
|
|
||||
5
|
Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
5.1
|
Penguasaan
substansi
|
|
|
|
|
|
|
5.2
|
Peka
terhadap kemampuan berbahasa
|
|
|
|
|
|
|
5.3
|
Penampilan
guru dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
5.4
|
Keefektivan
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
5
|
T
|
|
||||
|
Nilai APKG
2 = (S) S =
( P+Q+R+S+T ) : 5
S=
Rata-rata Scor APKG 2
|
S
|
|
Purwodadi, 14 Maret
2015
Mengetahui
Kepala sekolah tempat ujian
NIP.
No HP
|
Mengetahui
Supervisor 2
NIP.
No HP
|
*) Lingkari sesuai dengan kedudukannya
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !