ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1
(APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN
1.
|
NAMA
GURU/MAHASISWA
|
:
|
TRI WALUYO
|
2.
|
N
I M
|
:
|
824612618
|
3.
|
TEMPAT
MENGAJAR/UJIAN
|
:
|
SD Negeri 11 Purwodadi
|
4.
|
KELAS / SEMESTER
|
:
|
III / 2
|
5.
|
MATA
PELAJARAN /TEMA
|
:
|
Tematik/Peristiwa
|
6.
|
WAKTU
(jam)
|
:
|
2 x 35 menit
|
7.
|
HARI,
TANGGAL
|
:
|
Sabtu, 31 Januari 2015
|
8.
|
UPBJJ-UT
|
:
|
Surakarta
|
PETUNJUK
Baca dengan cermat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) yang akan digunakan oleh mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua
aspek yang terdapat dalam RPP tersebut dengan
menggunakan butir penilaian di bawah ini
No
|
Kegiatan
|
Scor penilaian
|
Rata-rata
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Menentukan Bahan Pembelajaran dan
Tujuan Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
1.1
|
Menggunakan bahan
pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum (GBPP).
|
|
|
|
|
|
|
1.2
|
Merumuskan tujuan pembelajaran /indikator
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 1
|
A
|
|
||||
2
|
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, menentukan tema,
menentukan media (alat bantu pembelajaran), dan sumber belajar
|
|
|
|
|
|
|
2.1
|
Mengembangkan dan
mengorganisasikan materi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
2.2
|
Mengembangkan jaringan tema dan menentukan tema
(khusus untuk pembelajaran tematik)
|
|
|
|
|
|
|
2.3
|
Menentukan dan mengembangkan media/alat
bantu pembelajaran yang relevan dengan tema
|
|
|
|
|
|
|
2.4
|
Memilih sumber belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 2
|
B
|
|
||||
3
|
Merencanakan scenario kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
3.1
|
Menentukan jenis kegiatan pembelajaran /
kesesuaiannya dengan tema
|
|
|
|
|
|
|
3.2
|
Menyusun langkah-langkah pembelajaran
/kesesuaiannya dengan tema
|
|
|
|
|
|
|
3.3
|
Menentukan alokasi waktu pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
3.4
|
Menentukan cara-cara memotivasi siswa
|
|
|
|
|
|
|
3.5
|
Menyiapkan pertanyaan
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 3
|
C
|
|
||||
4
|
Merancang pengelolaan kelas
|
|
|
|
|
|
|
4.1
|
Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar
|
|
|
|
|
|
|
4.2
|
Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa
agar siswa dapat berpartisipasi dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 4
|
D
|
|
5
|
Merencanakan prosedur, jenis, dan
menyiapkan alat penilaian pertumbuhan dan perkembangan anak selama mengikuti
PBM
|
|
|
|
|
|
|
5.1
|
Menentukan prosedur penilaian (khusus untuk
pembelajaran tematik prosedur penilaian dilakukan secara berkala,
berkesinambungan, dan menyeluruh)
|
|
|
|
|
|
|
5.2
|
Menentukan jenis penilaian
|
|
|
|
|
|
|
5.3
|
Membuat alat-alat
penilaian dan kunci jawaban
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 5
|
E
|
|
||||
6
|
Tampilan dokumen Rencana Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
6.1
|
Kebersihan dan kerapian
|
|
|
|
|
|
|
6.2
|
Penggunaan bahasa tulis
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 6
|
F
|
|
||||
|
Nilai APKG 1= (R) R=(A+B+C+D+E+F) : 6
|
|
|
|
|
R
|
|
Purwodadi, 31 Januari
2015
Mengetahui
Kepala sekolah
NIP.
No HP
|
Mengetahui
Supervisor 2
NIP.
No HP
|
*) Lingkari sesuai dengan kedudukannya
Casino Lake Tahoe Casino, Stateline, NV - Mapyro
ReplyDeleteCasino Lake Tahoe 청주 출장샵 Casino, 태백 출장샵 Stateline, NV. 0. 88514 오산 출장안마 3111. South 밀양 출장샵 Lake Tahoe Blvd. Stateline, NV 89449. Directions · (800) 383-6777. 통영 출장마사지 Map Rating: 3 · 8 reviews