CONTOH LAPORAN PKM - SD NEGERI 2 TLOGOMULYO
Headlines News :
Home » » CONTOH LAPORAN PKM

CONTOH LAPORAN PKM

Written By SD NEGERI 2 TLOGOMULYO on Sunday 17 January 2016 | 01:14:00


Berikut ini adalah contoh laporan PKM

Pemantapan Kemampuan Mengajar

( PKM )

Progdi : S 1 PGSD

Pokjar  : Purwodadi

Disusun sebagai

Syarat Untuk Mengikuti Ujian

Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar

( PKM )

Oleh :

        Nama  :  WIJI  HARTUTI

NIM   :  824584232

Unit Program Belajar Jarak Jauh Semarang

Universitas Terbuka

2015.1




Halaman Pengesahan

Judul Laporan         : Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM )

Program Studi         : S 1 PGSD

Nama Mahasiswa    : WIJI  HARTUTI

N I M                     : 824584232

Lokasi P K M         : S D Negeri  11  Purwodadi


Laporan Praktek Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) ini telah di periksa dan disyahkan pada

Hari                      :

Tanggal                 :



Supervisor 1                                                                                                                  Mahasiswa

Boedi Prihanto, S.Pd., M.Pd.                                                                                      WIJI  HARTUTI

NIP : 19661026 199103 1 005                                                                                      NIM : 824584232

              

MOTTO DAN PERSEMBAHAN

MOTTO                                :

Contoh :     1.  Carilah ilmu sampai ke Negeri Cina

                 2................................................

PERSEMBAHAN                                :

Contoh :     Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar ini kupersembahkan kepada :

                     I.Bapak dan Ibu tercinta

                    2.Suami dan anak tercinta........




KATA PENGANTAR

ALINIA 1 : berisi Ucapan Puji syukur atas tersusunnya lap ini

CONTOH:

                Dengan mengucap puji syukur ke hadirat Allah Swt atas limpahan rahmat dan hidayah nya serta denagan usaha yang sungguh-sungguh akhirnya pennulis dapat menyelesaikan tugas PKM ini . Laporan ini di buat sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Pemantapan Kemampuan Mengajar pada Universitas Terbuka UPBJJ semarang Pokjar Purwodadi Grobogan.

ALINIA 2 : Ucapan terima kasih pada pihak-pihak yang telah membantu.

CONTOH :

                Pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi –tingginya kepada semua pihak yang telah banyak membantu penulis baik secara langsung maupun tidak langsung hingga selesainya laporan ini. Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus dari penulis ditujukan berbagai pihak yang telah membantu:

1.       Bapak Ir. Muhammad Kholis, M.Si.  selaku Kepala UPBJJ –UT  Surakarta

2.       Bapak Boedi Prihanto, S.Pd., M.Pd. selaku Supervisor I  sekaligus  tutor PKM

3.       Bapak Drs. Nurhadi selaku Pengelola Pokjar  SMK Pancasila Purwodadi

4.       Bapak ............... selaku Supervisor 2 sekaligus penilai

5.       Semua tutor yang telah memberikan pengetahuan dan pengalaman dalam...............................

6.       ..................... selaku KS yang telah memberikan kemudahan dalam praktek pembelajaran

7.       Seluruh komponen SDN.................................................

8.       Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu kelancaran dalam penyelesaian laporan ini

ALINI 3 : Permohonan maaf atas kemampuan dan keterbasan penulis

CONTOH :

        Penulis menyadari akan keterbatasan dan kemampuan yang penulis miliki.Laporan ini telah disusun dengan semaksimal mungkin ,namunmasih banyak kekurangan disana-sini . Oleh sebab itu ,dengan lapang dada penulis menerima kritik dan saran demi kesempurnaandi masa yang akan datang. Semoga laporan PKM ini bermanfaat.



Purwodadi,     Maret  2015

Penulis

                                                                                                                                         WIJI  HARTUTI






DAFTAR ISI

Halaman judu............................................................................................................i

Pengesahan...............................................................................................................ii

Motto .......................................................................................................................iii

Kata Pengantar.........................................................................................................iv

Daftar Isi...................................................................................................................v

BAB I

Pendahuluan

1.       Latar Belakang.....................................................................................

2.       Tujuan Mengikuti PKM...........................................................................

3.       Manfaat Mengikuti PKM.........................................................................

     Bab  II

    Temuan- temuan Dalam Pembelajaran...........................................................................

    Bab III

    Kesimpulan.....................................................................................................................

    Daftar Lampiran.............................................................................................................



BAB I

PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang Masalah

Terdiri dari 6 alinia/atau lebih yang bersi : 

a.       Alinia 1 : Menceritakan Profesi guru sebagai ujung tombak dalam dunia pendidikan

b.      Alinia 2 : Usaha-usaha yang dilakukan guru untuk perbaikan mutu pendidikan

c.       Alinia 3 : Tupoksi Guru : merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menganalisis,mengadakan bimbingan

d.      Alinia 4 : Proses Pembelajaran.......

e.      Alinia 5 : Tanggungjawab guru dalam proses pembelajaran....

f.        Alinia 6 : Kesimpulan dari alinia 1-terakhir, penulis  dapat mengembangkan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

2.      Tujuan Mengikuti PKM

Lihat pada Buku Modul halaman ; 1.4- 1.5

3.   Manfaat Mengikuti PKM

 Lihat pada buku Modul halaman : 1.5




BAB   II

TEMUAN –TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN

1.       Kelemahan-kelemahan dan kekurangan yang saya temukan

(:ini diambil dari pengalaman –pengalaman yang ditemukan selama melaksanakan praktik pembelajaran 1-10 di SDdiambil dari lembar refleksi diri) . contoh :

a.       Dalam membuka pelajaran serinngkali kurang membangkitkan motivasi siswa.

b.      Dalam proses pembelajaran metode kurang bervariasi, sehingga iklim kelas kurang menyenangkan.

c.       Pertanyaan yang saya ajukan kurang dipahami siswa, kata-katadan tindakan yang saya lakukan kurang dapat menantang siswa untuk berpikir.

d.      Alat peraga yang saya gunakan kurang sesuai karena pada umumnya hanya berupa gambar membuat siswa menjadi bosan.

e.      dll

2.       Kelemahan tersebut terjadi karena :

( dirangkum dari masukan teman sejawat dalam proses pembelajaran) . Contoh :

a.       Ketidak tepatan memulai dan mengakhiri pelajaran

b.      Ketidaksiapan guru dalam prose pembelajaran akibat kurang percaya diri

c.       Kurangnya pemahaman terhadap metode pembelajaran

d.      Penyimpangan ,terutama dengan waktu kegiatan

e.      dll

3.       Kelebihan-kelebihan yang saya temukan ;

( diambil dari refleksi diri ). Contoh

a.       RPP  tersusun sesuai dengan kaidah,tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa.

b.      Tujuan pembelajaran yang saya harapkan dapat tercapai meskipun sebagian siswa kurang antusias

c.       Saya selalu mencoba menjelaskan pelajaran sejelas mungkin

d.      Saya selalu mengontrol belajar siswa secara merata

e.      Saya selalu memberikan bimbingan individu

f.        dll

4.      Kelebihan tersebut terjadi karena :

a.       Dalam penyusunan RPP saya selalu berkonsultasi dengan Kepala Sekolahatau guru senior

b.      Saya menggunakan metode pembelajaran sesuai materi

c.       Saya selalu memberikan reward pada siswa

d.      Media yang saya gunakan dapat me,permudah pemahaman siswa.

e.      dll

5.       Hal-hal unik yang terjadi selama prose pembelajaran :

( diambil dari temuan selama prose pembelajaran.) Contoh;

a.       Sebagian siswa dalam diskusi kelompok hanya pasif

b.      Siswa lebih tertarik pada materi bila guru menggunakan alat peraga benda nyata.

c.       Ditemukan anak nakal, malas  dalam meyelesaikan tugas

d.      Sebagian besar siswa ingin selalu mendapat perhatian dari guru.

e.      dll

6.       Setelah belajar mengajar rencana saya berikutnya

(berisi rencana penulis setelah melakukan praktik pembelajaran).Contoh :

a.       Berkonsultasi dengan teman sejawat.

b.      Membuat perencanaan Pembelajaran  sesuai aturan yang berlaku

c.       Melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan skenario  pada RPP

d.      Selalu menggunakan metode dan media pembelajaran sesuai dengan materi

e.      dll




BAB III

KESIMPULAN

                Berisi kesimpulan dan komentar mahasiswa selama melakuakan praktik pembelajaran

                Minimal 1 sampai 2 halaman.

HALAMAN BERIKUTNYA

Berisi lampiran  RPP no 1-12 dilengkapi Lembar refleksi secara menyeluruh ,APKG 1 dan APKG 2


TERIMA KASIH

Semoga PKM ini bermanfaat bagi Anda, jangan lupa komennya tentang artikel PKM ini.

Share this article :

1 comment:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SD NEGERI 2 TLOGOMULYO - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya