RPP PKR - RPP PKR lengkap dengan Rangkuman dan Penialaian - SD NEGERI 2 TLOGOMULYO
Headlines News :
Home » » RPP PKR - RPP PKR lengkap dengan Rangkuman dan Penialaian

RPP PKR - RPP PKR lengkap dengan Rangkuman dan Penialaian

Written By SD NEGERI 2 TLOGOMULYO on Sunday 6 November 2016 | 06:05:00





Mata Pelajaran                        : 1. Matematika
                                                : 2. PKn
Tema                                       : Operasi hitung bilangan
Kelas/ semester                       : IV/ Semester 1
Tema                                       : Keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)
Kelas/ semester                       : V/ Semester 1
Model PKR                             : 221
Tempat Mengajar                    : SMK Pancasila Purwodadi
Waktu                                      : 2 x 35 Menit
Tanggal                                   : 30 Oktober 2016
 


A.    Standar Kompetensi
·         Kelas IV
1.      Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
·         Kelas V
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

B.     Kompetensi Dasar
·         Kelas IV
1.1    Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
·         Kelas V
1.1.        Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

C.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·         Kelas IV
1.      Melalui penjelasan guru siswa dapat melakukan operasi hitung bilangan bulat dengan benar
·         Kelas V
1.      Melalui pengamatan gambar siswa dapat mengetahui batas utara, selatan, barat dan timur serta posisi lintang dan bujur  NKRI dengan benar

D.    Materi Ajar
·         Kelas IV
1.      Sifat dasar operasi hitung bilangan (Terlampir)
·         Kelas V
1.      Batas wilayah NKRI, luas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya (Terlampir).

E.     Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         Pengamatan
·         Pemberian tugas

F.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Siswa dan Guru
Waktu (menit)
Kelas IV
Kelas V
Kelas IV
Kelas v
1. Kegiatan Awal
- Mengucapkan salam
Doa awal pelajaran
- Absensi
- Apresiasi dan motivasi Siswa
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Mengucapkan salam
Doa awal pelajaran
- Absensi
- Apresiasi dan motivasi Siswa
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
5 menit
5 menit
2.  Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan materi tentang sifat-sifat dasar operasi hitung.
Salah satu siswa diminta untuk menuliskan di papan tulis tentang NKRI
20 menit
20 menit

Guru memberikan kesempatan anak untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan. Salah satu siswa diminta untuk menuliskan soal di papan tulis.
Setelah memberikan soal kelas IV, guru menjelaskan materi dengan menggunakan alat peraga.
30 menit
30 Menit

Siwa di minta untuk mengerjakan soal.
Siswa membentuk kelompok kecil untuk mendiskusikan mengenai walayah NKRI.



Siswa bersama guru membahas soal.
- Melakukan tanya jawab.
10menit
10 Menit
3. Penutup
Guru memberikan penguatan terhadap siswa tentang materi .
- Memberikan pencatatan rangkuman materi.
- Siswa bersama guru menutup pelajaran dengan bedo’a bersama.
- Memberikan pencatatan rangkuman materi.
- Memberikan tes tertulis dan membahas hasil tes.
- Siswa bersama guru menutup pelajaran dengan bedo’a bersama
5 menit
5 menit







G.    Alat Peraga
1.      Gambar peta NKRI

H.    Sumber Belajar
1.      Matematika Untuk SD/MI Kelas 4, Hal 21-23 Penulis Fatkul Anam, Pretty TJ, dan Suryono Penerbit CV Media Ilmi Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009
2.      Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SD dan MI Kelas V, Hal 1-7 Penulis Winarno dan Mike Kusumawati Penerbit CV Mediatama Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009

I.       Penilaian
·         Prosedur penilaian       : Tes akhir
·         Teknik penilaian          : Tes tertulis
·         Bentuk instrument      : Essay (terlampir)
·         Alat tes                        : Soal, Kunci Jawaban, Penilaian (terlampir)

Lembar Penilaian Siswa
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
·         Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                 Tlogomulyo, 29 Oktober 2016
                   Mengetahui,                                                                                
                   Tutor PKR                                                              Mahasiswa



BAMBANG SUHARTONO, S.Pd., M. Pd.       MOHAMAD BAGIYO ALI RIDHO
NIP. 19671226 199303 1 004                              NIM : 825328694



LEMBAR KERJA SISWA KELAS IV

Hitunglah bilangan di bawah ini dengan memperhatikan sifat-sifat dasar operasi hitung bilangan campuran:
1. 21 + 4 × 5 = ....                               skor : 1
2. 65 × (22 + 32) = ....                         skor : 2
3. 160 – 12 × 13 + 210 = ....               skor : 3
4. 1.750 + 1.500 : 30 – 1.250 = ....      skor : 4

Jawab:
1. 21 + 4 × 5 = 21 + (4 × 5)
                      = 21 + 20
                      = 41

2. 65 × (22 + 32) = 65 × 54
                            = 3.510

3. 160 – 12 × 13 + 210 = 160 – (12 × 13) + 210
                                     = 160 – 156 + 210
                                     = 4 + 210
                                     = 214

4. 1.750 + 1.500 : 30 – 1.250 = 1.750 + (1.500 : 30) – 1.250
                                               = 1.750 + 50 – 1250
                                               = 1.800 – 1250
                                               = 550
Penilaian
Nilai = jumlah skor  x  10 = 100


LEMBAR KERJA KELOMPOK KELAS V

Siswa mendiskusikan tentang wilayah NKRI, kemudian siswa menjawab 3 pertanyaan berikut:
1.      Apa yang kalian ketahui tentang NKRI?
2.      Berdasarkan letak geografis, dimanakah posisi Indonesia berada?
3.      Kenapa Indonesia disebut juga sebagai “Nusantara” sebutkan alasan kalian?
Jawaban :
1.     NKRI merupakan suatu bentuk negara yang terdiri atas wilayah yang luas dan tersebar dengan bermacam adat, suku, keyakinan serta budaya yang memiliki tujuan dasar menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
2.      Indonesia terletak diantara 2 benua dan 2 samudra yaitu benua Asia dan Benua Australia serta diapit 2 Samudra yaitu samudra Hindia dan samudra Pasifik.
3.     Karena Indoneisa merupakan Negara kepulauan, istilah Nusantara dari bahasa sansekerta nessos (nusa),artinya pulau dan kata antara artinya diapit/yang ditengah-tengah,nusantara diartikan pulau yang diapit oleh air atau pulauyang ditengah-tengah air.Secara luas diartikan wilayah wilayah perairan dan gugusan pulau indonesia diantara dua benua,yaitu benua australia danbenua asia,dan dua samudera yaitu samudera hindia dan samudera pasifik.

Penilaian kelompok :
·         Jika benar semua                                                         = skor 100
·         Jawaban mendekati skor                                             = 80
·         Jawaban menyimpang dari pertanyaan                       = skor 50



Rangkuman Materi Kelas IV
Operasi Hitung Campuran
         Dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat, terdapat dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
1. Tanda operasi hitung.
2. Tanda kurung.

         Apabila dalam suatu operasi hitung campuran bilangan bulat terdapat tanda kurung, pengerjaan yang berada dalam tanda kurung harus dikerjakan terlebih dahulu. Apabila dalam suatu operasi hitung bilangan bulat tidak terdapat tanda kurung, pengerjaannya berdasarkan sifat-sifat operasi hitung sebagai berikut:
1. Operasi penjumlahan (+) dan pengurangan (-) sama kuat, artinya operasi yang terletak di sebelah kiri dikerjakan terlebih dahulu.
2. Operasi perkalian (x) dan pembagian (:) sama kuat, artinya operasi yang terletak di sebelah kiri dikerjakan terlebih dahulu.
3. Operasi perkalian (x) dan pembagian (:) lebih kuat dari pada operasi penjumlahan (+) dan pengurangan (-), artinya operasi perkalian (x) dan pembagian (:) dikerjakan terlebih dahulu dari pada operasi penjumlahan (+) dan pengurangan (-).


Perhatikan contoh sebagai berikut :

1. 24 + 56 x 42 - 384 : 12 = 24 + (56 x 42) - (384 : 12)
                                         = 24 + 2.352 - 32
                                         = 2.376 - 32
                                         = 2.344
2. 360 + 800 x 80 : 200 = 360 + (800 x 80 : 200)
                                      = 360 + (64.000 : 200)
                                      = 360 + 320
                                      = 680
3. (480 : 12) x 15 + 1.350 = (40 x 15) + 1.350
                                         = 600 + 1.350
                                         = 1.950







Rangkuman Materi Kelas V
A. Wilayah Indonesia
1. Mengenal Indonesia
NKRI merupakan suatu bentuk negara yang terdiri atas wilayah yang luas dan tersebar dengan bermacam adat, suku, keyakinan serta budaya yang memiliki tujuan dasar menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Sebagai negara kepulauan, wilayahnya terdiri atas daratan dan lautan. Daratan berarti tanah, lautan berarti air. Oleh karena itu, wilayah kesatuan negara kita disebut sebagai "tanah air." Kita harus bangga karena tidak ada satu pun negara lain di dunia yang menggunakan istilah tersebut.
Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Kekayaan itu berada di darat dan di laut. Jumlah pulau kita juga sangat banyak, yaitu 17.504 pulau. Ada pulau besar, ada juga pulau yang kecil. Ada pulau yang berpenghuni ada pulau-pulau tidak berpenghuni. Hingga saat ini pulau-pulau yang tidak berpenghuni jumlahnya sekitar 6.000 pulau.
Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil. Jika perairan antara pulau-pulaunya digabungkan, luas Indonesia mencapai 1.9 juta mil2. Semua kekayaan itu harus selalu dijaga. Lautan, kepulauan, dan segala isinya harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Tidak boleh ada wilayah yang kembali dijajah. Tidak boleh ada wilayah yang memisahkan diri. Lepasnya Timor Timur, Pulau Sipadan, dan Ligitan, harus menjadi pelajaran yang berharga bagi Indonesia agar tidak terulang lagi. Pemerintah dan semua warga negara tidak boleh lengah dalam menjaga dan membangun wilayahnya.
2. Batas-batas Wilayah Indonesia             
Indonesia mempunyai batas-batas wilayah kedaulatan dengan beberapanegara berikut.
a. Malaysia dan Brunei Darussalam di Pulau Kalimantan.
b. Papua Nugini di Pulau Papua.
c. Timor Timur di Pulau Timor. Negara ini pernah menjadi salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Timor Timur memutuskan untuk berpisah dan membentuk negara sendiri pada 1999. Daerah itu sekarang berganti nama menjadi Negara Demokrasi Timor Leste.
Selain batas-batas daratan, Indonesia juga memiliki batas wilayah yang berupa lautan. Di utara, wilayah Indonesia berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Di selatan, berbatasan dengan Samudra Hindia.
3. Letak Indonesia
Letak suatu tempat di permukaan bumi dapat dibedakan menjadi letak astronomis dan letak geografis. Untuk memahaminya, ikuti penjelasan berikut.
1. Letak astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan posisi garis lintang dan garis bujur. Letak astronomis dinyatakan dalam bentuk koordinat.
2. Letak geografis adalah letak suatu tempat berdasarkan hubungannya dengan tempat lain. Misalnya, Kota Jogja berada di sebelah utara Kota Bantul.
Secara astronomis, Indonesia terletak pada koordinat 6o LU–11o LS dan 97o BT–141o BT. Indonesia dilalui garis lintang 0o yang dikenal sebagai garis khatulistiwa (equator). Kota di Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa adalah Pontianak, Kalimantan Barat.
Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Asia dan Australia. Selain itu, Indonesia juga terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Jika melihat peta dunia, Indonesia memiliki letak yang strategis. Negara kita berada ditengah jalur pelayaran dan perdagangan dunia. Keadaan ini menguntungkan jika dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Baca Juga :

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SD NEGERI 2 TLOGOMULYO - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya