SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
...................... ......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : 8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara
penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirau-Sahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Gagasan
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
8.1
Mendeskripsikan
energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta
sifat-sifatnya
|
Energi dan
penggunaannya
A.
Energi
Panas (hlm.148)
B.
Energi
Bunyi
(hlm.152)
|
o Kerja keras
o Kreatif
o Mandiri
o Rasa ingin tahu
|
o Percaya diri
o Berorientasi tugas
dan hasil
o Berani mengambil
resiko
o Kepemimp-inan
|
o Melakukan kegiatan 8.1 s.d 8.5
o Menyebutkan contoh energi panas
o
Menyebutkan
contoh sumber energi panas
-
Lilin
yang menyala menghasilkan panas
-
Gesekan
antara dua benda dapat menghasilkan panas.
-
Dua
telapak tangan yang digesekan menghasilkan panas
o
Memahami
pemantulan bunyi
-
Bunyi
pantul
-
Gaung
atau Kerdam
-
Gema
o Memahami penyerapan bunyi dan memberikan
contoh benda yang dapat menyerap bunyi
|
o Mengidentifikasi
sumber-sumber energi panas.
o Mendemonstrasikan adanya
perpindahan panas.
o Membuat daftar sumber-sumber
bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar.
o Menyimpulkan bahwa bunyi
dihasilkan oleh benda yang bergetar.
o Menunjukkan bukti perambatan
bunyi pada benda padat, cair, dan gas.
o Menunjukkan bahwa bunyi dapat
dipantulkan atau diserap.
|
Tugas
Individu
dan kelompok
|
Laporan dan
unjuk kerja
Uraian
Objektif
|
Kegiatan
8.1
Hlm.148
Tugas
8.1
Hlm.149
Kegiatan
8.2
Hlm.150
Kegiatan
8.3
Hlm.152
Kegiatan
8.4
Hlm.155
Kegiatan
8.5
Hlm.156
|
Sumber:
Buku
SAINS SD
Kelas
IV
Alat
:
-
Batu,
pengaris mika, mug, kantong plastik, kertas koran, handuk, air hangat, jam,
karet gelang.
-
Kaleng,
karet bekas, batu sebesar bola pingpong, dan air dalam baskom.
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !